TEORI KECERDASAN MULTIPLE INTELLIGENCES
02 Jan  20:57

Kecerdasan Linguistik:
􀁸 Komponen inti: kepekaan pada bunyi, struktur, makna, fungsi kata dan bahasa.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan membaca, menulis, berdiskusi, berargumentasi,
berdebat.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi seorang penulis, wartawan, orator, ahli politik,
penyiar radio, presenter, guru, pengacara.
Kecerdasan Matematis Logis:
􀁸 Komponen inti: kepekaan pada memahami pola-pola logis atau numeris, dan
kemampuan mengolah alur pemikiran yang panjang.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan berhitung, menalar dan berfikir logis,
memecahkan masalah.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi ilmuwan, ahli matematika, ahli fisika, pengacara,
psikiater, psikolog, akuntan, programmer.
Kecerdasan Spasial Visual:
􀁸 Komponen inti: kepekaan merasakan dan membayangkan dunia gambar dan
ruang secara akurat.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan menggambar, memotret, membuat patung,
mendisain.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi seniman, arsitek, ahli strategi, pecatur, desainer,
sutradara, fotografer, montir profesional.
Kecerdasan Kinestetis:
􀁸 Komponen inti: kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengola
objek, respon, dan reflek.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan gerak motorik dan keseimbangan.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi olahragawan, penari, pematung, aktor, dokter
bedah.
Kecerdasan Musik:
􀁸 Komponen inti: kepekaan dan kemampuan menciptakan dan mengapresiasikan
irama, pola titi nada dan warna nada serta apresiasi bentuk-bentuk ekspresi
emosi musikal.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan menciptakan lagu, membentuk irama, mendengar
nada dari sumber bunyi atau alat-alat musik.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi komposer, penyanyi, pencipta lagu, pemain musik.
Kecerdasan Interpersonal:
􀁸 Komponen inti: kepekaan mencerna dan merespon secara tepat suasana hati,
temperamen, motivasi, dan keinginan orang lain.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan bergaul dengan orang lain, memimpin, kepekaan
sosial yang tinggi, negosiasi, bekerja sama, mempunyai empati yang tinggi.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi konselor, politikus, pemimpin, motivator.
Kecerdasan Intrapersonal:
􀁸 Komponen inti: memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan
emosi, pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan mengenali diri sendiri secara mendalam,
kemampuan intuitif dan motivasi diri, penyendiri, sensitif terhadap nilai diri dan
tujuan hidup.
􀁸 Kondisi akhir terbaik menjadi psikoterapis, pemimpin agama, penasehat, filosof.
Kecerdasan Naturalis:
􀁸 Komponen inti: keahlian membedakan anggota-anggota spesies, mengenali
eksistensi spesies lain, dan memetakan hubungan antara beberapa spesies baik
secara formal maupun nonformal.
􀁸 Berkaitan dengan kemampuan meneliti gejala-gejala alam, mengklasifikasi,
identifikasi.
􀁸 Kondisi akhir terbaik: peneliti alam, ahli biologi, dokter hewan, aktivis peduli
binatang dan lingkungan.





















Sumber : MIR Indonesia




Jl. Pondok Ungu Permai Sektor V Blok M
Bahagia, Babelan, Bekasi Utara
Jawa Barat - Indonesia
17610
Telp 021-88867247
info@sdit-attaqwapusat.sch.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 	Nomer Induk Siswa Nasional Web Resmi Pemerintah  Kab. Bekasi Portal Kementerian Agama Republik Indonesia

belum ada data bukutamu

2001-2016 © Sekolah Dasar Islam Terpadu Attaqwa Pusat